8-PUZZLE (SEARCH PROBLEM)
Problem/Masalah adalah suatu situasi yang tak jelas dalam jalan pemecahannya yang menkonfrotasikan individu atau kelompok untuk menemukan jawaban. Adapun masalah seringkali oranng-orang menyebutnya sebagai kesulitan, hambatan, gangguan, ketidakpuasan, atau kesenjangan.
Problem Solving/Pemecahan Masalah adalah upaya individu atau kelompok untuk menemukan jawaban berdasarkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan yangh telah dimiliki sebelumnya dalam rangka memenuhi tuntutan situasi yang tak lumrah tersebut.
Untuk membangun sistem yang mampu untuk menyelesaikan masalah, perlu mempertimbangkan 4 hal berikut ini :
- Mendefinisikan masalah dengan tepat, pendefinisian ini mencakup spesifikasi yang tepat mengenai keadaan awal dan solusi yang diharapkan.
- Menganalisa masalah yang sedang dihadapi, serta mencari teknik yang tepat agar dapat menyelesaikan masalah tersebut.
- Mempresentasikan pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
- Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.
Komponen Masalah didefinisikan ada 4, yaitu :
- Initial State
- Successor Function (Action)
- Goal Test
- Path Cost
8-PUZZLE
- State (Keadaan) : Keterangan masing-masing 8 kotak angka dari sembilan kotak ( 1 kotak kosong di kotak yang tersisa).
- Initial State (Keadaan Awal) : Sembarang State.
- Successor Function (Action) ((Fungsi Penerus) Tindakan) : Kotak kosong bergerak keKiri, keKanan, keAtas, atau keBawah.
- Goal Test (Uji Tujuan) : Keadaan tujuan tercapai.
- Path Cost (Biaya Jalur) : Setiap gerakan bernilai 1, Biaya Jalur = Jumlah Bergerak.
8-PUZZLE SEARCH (BFS) :
- Masalah yang dibahas adalah pencapaian Goal State pada permainan 8-PUZZLE.
- Analisa yang dilakukan dititik beratkan pada metode yang digunakan untuk melakukan pencapaian Goal State pada 8-PUZZLE yaitu, dengan metode pencarian BFS (Breadth First Search), berikut adalah pohon state yang dibuat runtutan langkah-langkah dari state awal hingga solusi dapat diperoleh, jalan ditandai dengan panah tebal menuju solusinya :
Referensi :
- http://dokumen.tips/documents/problem-solving-5584b60a8dca6.html
- https://ishfah7.wordpress.com/2011/04/05/masalah-ruang-masalah-dan-pencarian/
- http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/24
- N. J. Nilsson, Artificial Intelligence – A New Synthesis, 1998
- Artificial Intelligence Uninformed search Chapter 3, AIMA A goal based agent


Tidak ada komentar:
Posting Komentar